Rapat Anggota Tahunan CU swapada

 On Kamis, 12 Desember 2013  

RAPAT ANGGOTA TAHUNAN 2011

Sedikit cuplikan sambutan Kepala Paroki Santo Alfonsus pademangan dalam rangka rapat anggota tahunan cu swapada pademangan pada hari minggu 20 Maret 2011 yang lalu.

“Ada tiga hal yang sangat penting bagi sebuah koperasi atau credit union, yaitu: eksistensinya,  saling percaya di antara para anggotanya serta bermanfaat  bagi umat dan masyarakat.Volume uang yang ada di dalamnya hanyalah konsekuensi logis dari adanya ketiga faktor tersebut,”  ungkap Romo Remigius Sene SVD, Kepala Paroki Santo Alfonsus di Pademangan, Jakarta, hari Minggu 20  Maret 2011.


Romo Remigius Sene SVD menyampaikan pesan tersebut ketika memberikan kata sambutan dalam RAT (Rapat Anggota Tahunan) CU Swapada di paroki Pademangan, Jakarta, yang berlangsung di aula paroki dari pukul 10.00 hingga 14.00 WIB. Dalam kesempatan tersebut Romo Remy, demikian sapaan akrabnya, menyampaikan penghargaannya atas ketekunan, kesabaran dan dedikasi para penggerak credit union di paroki tersebut , sehingga CU Swapada mampu bertahan selama hampir 40 tahun dan meski perlahan tapi meyakinkan akan berkembang dan berkembang terus. CU Swapada juga tetap setia pada misi awalnya yaitu berbagi dengan  umat dan masyarakat yang tergolong miskin, lemah dan terpinggirkan, dalam upayanya mengentaskan kemisikinan. 

Bahwa Credit Union yang pada awal berdirinya dibidani oleh SSP (Seksi Sosial Paroki, sekarang Kom PSE Paroki), merangkul dan melayani masyarakat umum, tidak terbatas pada umat katolik, memang meruppakan suatu keharusan. Karena, dalam semua kegiatan sosial kemasyarakatan, Gereja berprinsip tidak membeda-bedakan agama, antara katolik dan bukan katolik. Dikemukakannya bahwa  selama 8 tahun bertugas di Sumatera Utara, Romo Remy mengikuti perkembang  credit union di sana yang telah menjadi sangat besar, baik anggotanya yang  telah mencapai ribuan maupun asetnya yang telah mengakumulasi menjadi puluhan bahkan ratusan milyar rupiah.

Tetapi, lanjutnya, sebuah credit union tidaklah tepat kalau hanya dinilai dari sisi jumlah anggota dan aset yang meraksasa. Yang lebih penting dan sangat penting harus dilihat dari 3 aspek tersebut di atas, yaitu eksistensi  atau keberadaannya, semangat saling percayanya (saling mempercayai dan saling bisa dipercaya) antara para anggotanya serta bermanfat bagi umat dan masyarakat. Volume atau besarnya jumlah uang yang ada di dalamnya, hanyalah konsekuensi logis dari kualitas ketiga aspek tersebut. 
Romo Remy menyayangkan sikap sebagian umat yang enggan berbagi dengan sesama umat maupun masyarakat  dengan  menyisihkan Rp 10 ribu atau Rp 20 ribu setiap bulan di credit union, untuk ikut serta berbagi. Tetapi tak segan-segannya menghamburkan ratusan ribu rupiah untuk berfoya-foya tiada guna bagi sesama bahkan untuk dipertaruhkan di arena judi.
Romo Remy, putra Manggarai Flores, ini memang mengetahui dengan baik bagaimana credit union amat berkembang di beberapa daerah di Indonesia, termasuk di pulau Flores dari ujung timur (Larantuka) hingga ujung barat , yaitu Manggarai.

demikian isi sambutan Romo Remy  kepala Paroki Alfonsus pademangan dalam rangka rapat anggota tahunan 2011 cu swapada jakarta yang lalu.


Rapat Anggota Tahunan CU swapada 4.5 5 Anny rahmani Kamis, 12 Desember 2013 cu swapada pademangan jakarta RAPAT ANGGOTA TAHUNAN 2011 Sedikit cuplikan sambutan Kepala Paroki Santo Alfonsus pademangan dalam rangka rapat anggota tahunan cu swapada...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar